Space Iklan Space Iklan Space Iklan Space Iklan

Cari Blog Ini

Selamat Tahun Baru 2010.............................................................................. Selamat datang di Gubuk Ilmu Gratis. Tempat di mana anda bisa mendapatkan referensi ilmu. Jika anda yang memiliki artikel yang ingin di tampilkan di sini anda bisa mengirimkannya ke gubig@telkom.net

Minggu, 03 Januari 2010

Hati Hati Menggunakan Password yang sama untuk semua situs...

Minggu, 03 Januari 2010 |
Sebuah studi menemukan, sekira 16 juta pengguna internet di Inggris sangat berpotensi menjadi korban kejahatan dunia maya karena mereka menggunakan password yang sama untuk semua akun di tiap situs.


Cyber crime yang dimaksud adalah segala bentuk penipuan melalui internet dengan menggunakan identitas korban secara ilegal, baik pencurian uang di bank dengan rekening korban, atau membelanjakan produk dengan menggunakan identitas korban.

Dalam studi tersebut juga diketahui, rata-rata pengguna internet diminta untuk mengisi password ke dalam 23 situs setiap bulannya. Studi itu menemukan, sekira 46 persen, atau sekira 15,6 juta pengguna internet di Inggris menggunakan password yang sama untuk setiap akun.

Sekira 5 persen, atau 1,7 juta pengguna internet menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun yang ada. Sedangkan sekira 29 persen lainnya menggunakan password yang sama dengan tambahan variasi, baik dengan menambahkan tanggal, angka atau karakter apa saja di belakang password tersebut.

Tanggal penting, nama anak, serta nama ibu kandung, digunakan oleh satu dari 10 orang responden sebagai password. Sedangkan satu dari lima responden menggunakan password yang berasal dari nama hewan piaraan,

Meski passwrod bersifat cukup rahasia, namun sekira 40 persen pengguna internet di Inggris mengaku memberitahukan password penting tersebut kepada orang lain, baik teman dekat maupun keluarga. Bahkan dua persen lainnya mengaku memberitahukan password tersebut kepada teman yang baru dikenal.

"Layaknya sebuah kunci rumah yang digunakan berbeda untuk setiap pintu. Begitu juga seharusnya password yang ada di dunia maya. Jika memungkinkan, seharusnya netter menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka, sehingga menyulitkan penjahat internet untuk mengakses akun anda secara ilegal," ujar Ahli Analisa pencurian identitas di internet di CPP Sarah Blaney.

Menurut Blaney, satu dari sepuluh netter dipastikan pernah mengalami akunnya dibobol maling internet. Dari sini, sekira 18 persen akun pengguna digunakan untuk membeli barang di internet, 12 persen netter pernah mengalami pencurian uang, dan lima persen lainnya mengaku identitasnya pernah dicolong.

Mengantisipasi hal ini, seorang mantan hacker Robert Schifreen memberikan tips keamanan. Menurutnya hal yang pertama harus dilakukan adalah memastikan software antivirus yang ada dikomputer telah aktif dan up-to-date. Selain itu, Schifreen mewanti-wanti netter untuk tidak terlalu mempercayai siapapun yang dikenal lewat internet.

"Hati-hati jika ingin menuliskan data pribadi anda di internet. Sebelum menulis informasi penting tentang diri anda, pastikan situs tersebut aman," ujar Schifreen.


Share

Related Posts



1 komentar:

Kevin Dellinger mengatakan...

I pay a quick visit daily a few web sites and information sites to read articles, but this website offers feature based writing. Read this article: How To Password Protect Folder Business Using Your Childhood Memories.

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Tentang Gubuk Ilmu Gratis

Blog ini dibuat dengan tujuan agar dapat menjadi tempat berbagi ilmu dengan teman-teman di Indonesia. Kami berharap dengan hadirnya blog ini bisa memudahkan teman-teman untuk mendapatkan referensi ilmu.

Donasi

Jika anda merasa bahwa blog ini berguna dan anda ingin menyumbangkan sedikit dana untuk blog ini klik tombol di bawah

Silahkan Pilih Kategori


Saran Untuk Gubuk Ilmu

Untuk mengembangkan blog ini agar lebih berguna untuk kita semua, saya (Edi Wang) dan tim Gubuk Ilmu Gratis sangat mengharapkan kritik dan saran dari anda dan tentunya yang bersifat membangun.

Daftar Penulis

1. Ardianto Wibowo lihat profil
2. Dadang Iqwandy lihat profil
3. Edi Susanto (Edi Wang) lihat profil
4. Nico Gunawan lihat profil
5. Rony (Rony Yang) lihat profil
6. Yuli Fitrisia lihat profil
7. Anton Siswanto lihat profil

Status IM Penulis

Status Penulis
EDI WANG
NICO GUNAWAN
RONY YANG
DADANG IQWANDY
ARDIANTO WIBOWO
ANTON SISWANTO
 

Facebook Blog Founder

Follow Me

Statistik

Anda Pengunjung ke :

Jumlah Pengunjung Online :
Copyleft © Gubuk Ilmu Gratis