Space Iklan Space Iklan Space Iklan Space Iklan

Cari Blog Ini

Selamat Tahun Baru 2010.............................................................................. Selamat datang di Gubuk Ilmu Gratis. Tempat di mana anda bisa mendapatkan referensi ilmu. Jika anda yang memiliki artikel yang ingin di tampilkan di sini anda bisa mengirimkannya ke gubig@telkom.net

Senin, 04 Januari 2010

Memanfaatkan IP Public dari Speedy

Senin, 04 Januari 2010 |
Maaf sebelumnya, artikel ini bukan lah untuk mempromosikan layanan Telkom Speedy, namun hanya untuk berbagi pengetahuan.

Bagi pengguna layanan Telkom Speedy, kali ini saya mengajak anda untuk sedikit mengeksplorasi fitur yang disediakan oleh Telkom Speedy yaitu IP Public nya.

Sebelumnya, perlu diketahui apa kegunaan IP Public ini. Adapun manfaat yang dapat dirasakan dari menggunakan IP public ini adalah, kita dapat membangun sebuah server mis : Web Server, FTP Server, Mail Server, dll. Dan server-server tersebut dapat diakses oleh umum (Internet). Jadi, server kita tersebut bukan lagi sebatas server lokal. Namun, server tersebut bisa diakses dimana saja asal ada koneksi ke internet.

Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh agar dapat menggunakan IP Public dari Speedy adalah sebagai berikut :

  • Cari tahu berapakah IP Public anda. Caranya anda hanya perlu membuka Link Cek IP atau situs sejenis yang menawarkan jasa untuk melihat IP Addressdari mana kita browsing. Catatan : untuk Speedy  paket Unlimited (Office dan Warnet), IP Address tetap (permanen), sedangkan untuk Speedy paket Time Based, IP Address akan berubah setiap kali kita melakukan koneksi (Dial).
  • Pastikan bahwa anda terkoneksi dalam jaringan yang terdapat modem Speedy nya (kali ini saya membahas modem merek Sanex). Buka http://192.168.1.1 (IP Address Modem jika belum diubah), lalu masukkan password. Username dan password default adalah : admin.
  • Lalu klik menu Advanced -> Virtual Server -> DMZ Settings, centang pilihan Enable DMZ lalu masukkan alamat IP komputer yang anda jadikan server.


  • Masih di menu Advanced -> Virtual Server, namun sekarang pilih menu Services. Pada menu ini kita mengisikan daftar layanan yang akan dibelokkan ke server kita jika terjadi permintaan / request dari luar. Misalnya jika kita aktifkan layanan web, maka jika ada permintaan dari luar ke port 80 akan dibelokkan secara otomatis ke server yang telah kita tentukan IP Address nya. Klik tombol "Add" untuk menambahkan layanan.

  • Akan muncul gambar seperti dibawah, sesuaikan pengaturannya dengan keinginan anda. Jika sudah selesai, klik tombol "OK"

  • Setelah anda klik tombol "OK", maka akan muncul tampilan seperti berikut. Klik link "Commit/Reboot" untuk me-restart modem anda.


Catatan : jika gambarnya kepotong klik aja langsung gambar nya untuk memperbesar gambar :D
    Dengan demikian maka selesailah langkah pengaturan modem untuk menggunakan IP Public dari Speedy.  dan server anda bisa diakses dengan menggunakan IP Address yang telah anda dapatkan dari langkah pertama di atas. Akhir kata saya ucapkan selamat bereksperimen.


    Share

    Related Posts



    14 komentar:

    OmEGA mengatakan...

    teorinya sih emang bagus bro...tapi aplikasinya kalo kita bikin server pake speedy di rumah yaa lemot lah...kan uploadnya speedy yg paket office saja cuma 128 kbps..so kalo orang luar mau akses server kita kecepatan download dia kalo sendiri max 128 kbps...gimana kalo yg akses ada 10 orang? gmn kalo 100 orang? lelet donk! kalo mau bikin server sendiri yaa langganan aja yg upload dan downloadnya kenceng...misal yg 1:1 untuk download:upload...trus kalo target server lokal...langganan juga server lokal..kalo target international ya langganan server international...kan kenceng yaa sesuai kebutuhan...ya nggak brooo?

    Edi Wang mengatakan...

    yupe bener banget bro....
    tutorial ini saya tujukan untuk yang pengen belajar dan gk perlu keluar uang banyak (cocok buat anak kost2an) bukan untuk dedicated server :D
    emang kalo untuk skala besar bakaln pingsan tuh orang nunggunya, hehehehe.. bakalan lemot...
    tapi lumayan buat belajar2 ....

    makasih komentar nya bro ...

    Anonim mengatakan...

    NAMANYA JUGA BLAJAR..
    jangan langsung dipukul pake kritikan .....
    matilah kalo orang kecil langsung disuruh lari

    dari yg gigi-gini akan timbul banyak orang pintar, hacker jagoan dsbnya

    anda memberi ide, orang lain bisa ambil LANGKAH PERTAMA anda, dan karena dia pintar banyak ide, maka akan terciptalah hal-hal lain yg lebih spektakuler, dst dstnya

    maju terus bung

    Anonim mengatakan...

    Materi yang kamu posting bagus kok... I like it...

    Anonim mengatakan...

    edi, kalo untuk membagi bandwith di modem speedy paket office bisa ga die...

    asri

    Anonim mengatakan...

    @asri
    Pake Trafic Shaper XP aja........

    xuyas mengatakan...

    semua gambar kok gagal dimuat ya,, jadi kurang faham nie,,,

    pliss..
    tanks

    jimmy mengatakan...

    makasi gan, infonya bermanfaat sekali buat ane.. tapi sekalian mau tanya, seandainya pake ip public punya modem wireless bisa gak ya dibuat seperti ini?

    Rudy mengatakan...

    Artikel yang sangat bagus, ini untuk edukasi saja untuk belajar atau untuk aplikasi server pulsa it's oke...

    bchnalz mengatakan...

    Super ! Terima Kasih Banyak, Ya .... Semoga Tuhan Yang Membalas ilmu yang anda tularkan ...

    Anonim mengatakan...

    dibagian wan port yang otomatis 80, kok gagal:
    the wan port conflics with the port of remote access,please set again

    ks mengatakan...

    bagus bro, masukan dan kritikan sharingnya.

    noname mengatakan...

    saya pake nokia e63 bisa malah.tp bukan yang dmz. Yang virtualserver.ini pun gara2 yang punya kurang paham..di nokia s60v3 ada http server. eit namanya hape ya jadi situs nya g onlien trs. dan satu lagi untuk mengatasi ip dinamik. Daftar aja ke http://no-ip.com .hehehe kan bisa jadi kaya http://nokiae63.sytes.net

    Dimas mengatakan...

    thanks buat informasi nya gan, nambah pengetahuan ane tentang ip pulik

    Posting Komentar

    Related Posts with Thumbnails

    Tentang Gubuk Ilmu Gratis

    Blog ini dibuat dengan tujuan agar dapat menjadi tempat berbagi ilmu dengan teman-teman di Indonesia. Kami berharap dengan hadirnya blog ini bisa memudahkan teman-teman untuk mendapatkan referensi ilmu.

    Donasi

    Jika anda merasa bahwa blog ini berguna dan anda ingin menyumbangkan sedikit dana untuk blog ini klik tombol di bawah

    Silahkan Pilih Kategori


    Saran Untuk Gubuk Ilmu

    Untuk mengembangkan blog ini agar lebih berguna untuk kita semua, saya (Edi Wang) dan tim Gubuk Ilmu Gratis sangat mengharapkan kritik dan saran dari anda dan tentunya yang bersifat membangun.

    Daftar Penulis

    1. Ardianto Wibowo lihat profil
    2. Dadang Iqwandy lihat profil
    3. Edi Susanto (Edi Wang) lihat profil
    4. Nico Gunawan lihat profil
    5. Rony (Rony Yang) lihat profil
    6. Yuli Fitrisia lihat profil
    7. Anton Siswanto lihat profil

    Status IM Penulis

    Status Penulis
    EDI WANG
    NICO GUNAWAN
    RONY YANG
    DADANG IQWANDY
    ARDIANTO WIBOWO
    ANTON SISWANTO
     

    Facebook Blog Founder

    Follow Me

    Statistik

    Anda Pengunjung ke :

    Jumlah Pengunjung Online :
    Copyleft © Gubuk Ilmu Gratis