Space Iklan Space Iklan Space Iklan Space Iklan

Cari Blog Ini

Selamat Tahun Baru 2010.............................................................................. Selamat datang di Gubuk Ilmu Gratis. Tempat di mana anda bisa mendapatkan referensi ilmu. Jika anda yang memiliki artikel yang ingin di tampilkan di sini anda bisa mengirimkannya ke gubig@telkom.net

Jumat, 04 Desember 2009

Mengontrol Motor Servo Derajat

Jumat, 04 Desember 2009 |
Sebagai aktuator robot motor servo hampir menjadi sebuah kebutuhan primer. Motor servo memiliki putaran yang lambat dan torsi yang kuat (berkat adanya sistim gear).

Sistem kontrol untuk motor servo relatif sedikit (diperlukan hanya 1 jalur data saja). Hal ini tentu berbeda misalnya jika kita menggunakan motor stepper yang memerlukan jalur kontrol lebih dari 1 jalur. Oleh karena itu tantangannya adalah bagaimana mengontrol motor servo yang hanya menggunakan 1 jalur tersebut. Oleh karena hanya digunakan 1 jalur data untuk mengontrol motor servo, maka digunakan teknik PWM ( Pulse Width Modulation = Modulasi Lebar Pulsa ).



Pada motor servo derajat secara umum bekerja pada pulsa dengan lebar 20 miliseconds. Motor servo derajat juga mempunyai titik netral. Lalu, bagaimana cara untuk membuat servo bergerak ke kanan atau ke kiri dengan derajat tertentu terhadap posisi netral ? dan bagaimana cara untuk mengembalikan servo pada posisi netral ?

Membuat servo kembali ke posisi netral

Untuk membuat motor servo kembali ke posisi netral, lebar pulsa high nya adalah 1500 microseconds, ingat !!! servo bekerja dengan lebar pulsa 2 ms (2000 us) jadi untuk pulsa low nya kita berikan 2000 - 1500 = 500 microseconds. Dan pemberian pulsa ini dilakukan secara berulang-ulang.

Membuat servo berputar ke arah tertentu dengan derajat tertentu

Sebelum melanjutkan ke teknik pengontrolannya perlu diketahui bahwa 1 derajat diwakili oleh 10 microseconds.

Untuk membuat servo berputar ke arah kanan, pulsa high yang diberikan adalah 1500 + (derajat * 10), sebaliknya jika ingin membuat servo berputar ke arah kiri maka pulsa high yang diberikan adalah 1500 - (derajat * 10) dan pemberian pulsa ini harus dilakukan berulang-ulang.

Contoh :
  1. Misalnya kita ingin membuat servo berputar ke arah kiri 45 derajat maka pula high yang diberikan adalah 1500 - (45 * 10) = 1050 us, sedangkan pulsa low nya adalah 2000 - 1050 = 950 us.
  2. Misalnya kita ingin membuat servo berputar ke arah kanan 45 derajat maka pula high yang diberikan adalah 1500 + (45 * 10) = 1950 us, sedangkan pulsa low nya adalah 2000 - 1950 = 50 us.


Share

Related Posts



1 komentar:

Nazirama mengatakan...

mas boleh tau sumber rumus 1500 - (derajat * 10) dari mana? terimakasih

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Tentang Gubuk Ilmu Gratis

Blog ini dibuat dengan tujuan agar dapat menjadi tempat berbagi ilmu dengan teman-teman di Indonesia. Kami berharap dengan hadirnya blog ini bisa memudahkan teman-teman untuk mendapatkan referensi ilmu.

Donasi

Jika anda merasa bahwa blog ini berguna dan anda ingin menyumbangkan sedikit dana untuk blog ini klik tombol di bawah

Silahkan Pilih Kategori


Saran Untuk Gubuk Ilmu

Untuk mengembangkan blog ini agar lebih berguna untuk kita semua, saya (Edi Wang) dan tim Gubuk Ilmu Gratis sangat mengharapkan kritik dan saran dari anda dan tentunya yang bersifat membangun.

Daftar Penulis

1. Ardianto Wibowo lihat profil
2. Dadang Iqwandy lihat profil
3. Edi Susanto (Edi Wang) lihat profil
4. Nico Gunawan lihat profil
5. Rony (Rony Yang) lihat profil
6. Yuli Fitrisia lihat profil
7. Anton Siswanto lihat profil

Status IM Penulis

Status Penulis
EDI WANG
NICO GUNAWAN
RONY YANG
DADANG IQWANDY
ARDIANTO WIBOWO
ANTON SISWANTO
 

Facebook Blog Founder

Follow Me

Statistik

Anda Pengunjung ke :

Jumlah Pengunjung Online :
Copyleft © Gubuk Ilmu Gratis